13 Oct 2014

Cara Merawat Terumbu Karang Akuarium

   Merawat terumbu karang akuarium adalah kewajiban bagi setiap orang yang sudah memiliki terumbu karang ini sebagai penghias akuariumnya. Terumbu karang ini memiliki jenis yang berbeda dan tentunya ada perawatan tersendiri. Terumbu karang yang sangat penting sebagai ekosistem perairan laut dangkal sampai menengah bahkan menjadi ekosistem penting di akuarium juga. Karena menjadi ekosistem yang penting untuk alam bahari ini maka perlu dijaga dan dirawat keberadaannya agar tidak punah. Dari sini penulis ingin membahas tentang cara yang tepat untuk merawat dengan baik terumbu karang pada akuarium kepada pembaca supaya paham. 


    Ada banyak cara merawat terumbu karang akuarium dengan baik dan benar, antara lain meliputi jaga selalu kadar asam basa air di akuarium. Kadar asam basa merupakan perawatan pertama pada terumbu karang agar bisa hidup dengan baik karena sesuai dengan habitat asalnya. Kadar asam basa itu memiliki nilai antara 8 – 8,3 normalnya. Cara kedua yaitu menjaga salinitasnya sesuai habitat asalnya. Salinitas yang baik dan tepat akan membuat terumbu karang bertahan berada dalam akuarium. Selanjutnya adalah mengurangi senyawa amonia yang ada dalam akuarium itu. Senyawa amonia ini adalah racun yang tidak baik untuk kesehatan terumbu karang yang berasal dari kotoran ikan hias dalam akuarium maka dari itu perlu dihilangkan sampai bersih 100 persen. Cara menghilangkannya adalah kuras akuarium secara rutin agar kotoran itu bersih dan hilang.



 Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah mengurangi juga kandungan nitrat dan fosfat dalam akuarium. Ini sama halnya dengan senyawa amonia yang sifatnya beracun dan sama. Maka dari itu perlu dikurangi agar menjaga kondisi dari pada ekosistem akuarium ini. Pada kesimpulannya perawatan terumbu karang ini perlu memperhatikan hal – hal yang telah penulis tulis diatas agar terumbu karang selalu terjaga kondisinya agar bisa hidup dengan baik. Demikian saja pembahasan dari penulis tentang cara merawat terumbu karang akuarium yang secara singkat ini. Semoga pembahasan ini bisa memberikan wawasan kepada anda semua secara umumnya dan kepada para hobis yang mencari informasi ini.

(sumber : http://akvodecor.com)

No comments:

Post a Comment