22 Feb 2013

Aquarium air tawar aquascape,-aquarium tanpa kuras?

Apa pendapat anda mengenai cara perawatan kedua aquarium air tawar di bawah ini? Manakah yang menurut Anda lebih merepotkan?





Setelah menelusuri beberapa blog dan juga berdasarkan pengalaman pribadi, kami mendapati bahwa kebanyakan orang akan mengatakan bahwa aquarium di sebelah atas lebih mudah dirawat dibandingkan aquarium sebelah bawah (aquascape). Alasan mereka adalah, “wah banyak banget ya pohonnya, pasti susah ngebersihinnya”, atau “gimana cara ngurasnya tuh? Cuci satu2 kan repot, apalagi ada pasirnya”.
Bila Anda pun berpendapat seperti itu, maka anda salah. Perawatan aquarium air tawar aquascape, jauh lebih mudah dibandingkan perawatan aquarium konvensional. Pada akuarium konvensional, hampir pasti dilakukan pengurasan air setiap minggu karena air mulai keruh, muncul lumut, akuarium berkerak, air bau, dsb. Halnya berbeda dengan aquarium air tawar aquascape. Lihatlah salah 1 desain aquarium air tawar Entropis Aquatic di bawah ini, aquarium ini tidak dikuras lebih dari 1 bulan.
 
 
 
Aquarium di atas sudah tidak dikuras selama 1 bulan

Mengapa tetap jernih? Jawabannya adalah karena dalam aquarium tersebut sudah terbentuk sebuah ekosistem yang stabil, dimana terdapat tanaman yang menyerap kelebihan nutrisi dan sisa2 penguraian kotoran, bakteri yang mengurai sampah-sampah sisa, dan tentunya keberadaan beberapa jenis ikan dan udang office boy. Semakin besar suatu aquarium, maka semakin stabil kondisinya nya.
 
 
Skema daur ulang nitrogen dalam aquarium air tawar

Meskipun pada prinsipnya pergantian air memang perlu dilakukan (porsi pengurasan yang baik adalah 40% per minggu), namun bila kondisi filter anda bagus, tanaman air  sehat, dan asupan nutrisi dalam air tetap terjaga, maka anda cukup mengganti air yang menguap saja. Hal ini adalah garis besar yang berlaku berdasarkan pengalaman kami. Pada beberapa kasus, misalnya desain aquarium air tawar yang minimalis atau pada aquarium kecil, maka pengurasan sebaiknya dilakukan 1-2 minggu sekali.

No comments:

Post a Comment